http://treeckmolarz.blogspot.com
Instagram

Array Struct pada C++

Sabtu, 20 April 20131komentar

Pengertian Struct, Array Struct, Contoh program Struct, Fungsi Struct
Array Struct adalah suatu alogaritma program yang terbentuk dari beberapa kumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama maupun berbeda dan membentuk suatu kelompok baru yang lebih terstruktur. Meskipun memiliki pengertian yang hampir sama, Array dan Struct tidaklah sama. Perbedaannya adalah Array hanya bisa mengelompokan data yang sejenis , sedangkan Struct dapat mengelompokan beberapa jenis data.




Contoh Array Struct dalam kehidupan sehari-hari misalnya Mahasiswa. Mahasiswa memiliki data-data tersendiri didalamnya, seperti : Nama, Umur, Jenis Kelamin, No Induk Mahasiswa dan lain-lain. Kita bisa mengatakan bahwa Mahasiswa adalah Kelompok utama (Main Struct) dan Nama, Umur, Jenis Kelamin, No Induk Mahasiswa adalah bagian-bagian dari Kelompok utama tersebut.
Kira-kira seperti itulah analogi dari Array Struct ini, baiklah sekarang kita akan melangkah lebih jauh tentang Array Struct. Array Struct memiliki beberapa bagian penting agar suatu program Struct dapat berjalan dengan baik. diantaranya adalah :

Deklarasi : Adalah bagian dimana kita mendeklarasikan Main Struct dan Sub Struct. untuk Struktur penulisannnya bisa dilihat dibawah ini. 

RodeBlog - Coding Galau
Struktur Penulisan Struct

RodeBlog - Coding Galau
Contoh Penulisan Struct

RodeBlog - Coding Galau
Contoh Penulisan Struct yang menggunakan Array


Akses (Memanggil Struct) : Adalah bagian dimana kita akan mengakses variabel-variabel yang telah didefinisikan pada Main Struct. Perhatikan contoh dan Struktur pemanggilannya dibawah ini

Struktur pemanggilan Struct

RodeBlog - Coding Galau
Contoh Pemanggilan Struct
RodeBlog - Coding Galau
Contoh Pemanggilan Struct data Array

 >> Silakan buka tap Pemrograman C++ <<
>> Untuk Mendapatkan code program Array Struct <<

Untuk kesempatan kali ini hanya sampai disini saja, untuk fungsi Array Multi Struct dan Array Struct didalam Struct akan dibahas pada postingan selanjutnya. Terima Kasih sudah berkunjung :)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 April 2020 pukul 15.17

yuhuuu....bermanfaat sekali
tang cucut

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Berbagi Pengalaman
Template Edited by treeckmolarz