http://treeckmolarz.blogspot.com
Instagram

Pengenalan OOP pada Java

Rabu, 17 April 20130 komentar

Dasar OOP, Belajar OOP mudah, OOP java, Contoh Soal OOP, Struktur OOP, Class OOP, Pengertian OOP
Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu sifat yang dimiliki oleh java adalah OOP. Object Oriented Programming (OOP) adalah pemrograman yang berbasis pada Objek. Objek tidak hanya meliputi benda mati saja namun manusia, hewan, dan tumbuhan pun bisa kita sebut sebagai suatu objek. Setiap objek memiliki karakteristik dan perilaku masing-masing yang membedakan antara objek satu dengan objek lainnya. 

>> Silakan buka Tab Pemrograman Java <<
>> Untuk Mengunduh Code Program <<
>> Pengenalan OOP <<
>> Program 31++<<
Misalnya kita ambil contoh objek HandPhone, berikut ini adalah karakteristik dan perilaku yang dimiliki oleh objek tersebut.
Karakteristik :
  • Merek : Samsung
  • Warna : Silver 
  • System : Android 
  • Tahun Produksi :2012
Perilaku : (Berisikan hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek tersebut)
  • SMS-an
  • Chatting-an
  • Telphon-nan
Nah dari contoh sederhana diatas (kita Skip dulu) kita akan melangkah ke OOP dalam java. OOP dalam java memiliki point-point penting untuk membuat sebuah program OOP, yaitu :

Class : 
Class adalah program yang berfungsi untuk prototipe objek yang artinya tempat dimana kita membuat Objek tersebut. Kita tidak bisa menjalankan program Class karena didalam Class tidak ada fungsi main. Class memiliki beberapa anggota didalamnya untuk menunjang pembuatan suatu objek diantaranya adalah:
Property : Tempat dimana kita mendeklarasikan tipe data dari karakteristik dari objek tersebut. Perhatikan contoh code program dibawah ini sesuai dengan objek yang berada diatas A.k.a Handphone.

RodeBlog - Coding Galau

Constructor : Tempat dimana kita memberikan nilai/data default untuk setiap karakteristik dari objek (Komponen-komponennya harus sama dengan property). Perhatikan contoh code programnya.

RodeBlog - Coding Galau

Method : Tempat dimana kita meletakkan perilaku-perilaku dari objek tersebut. Method biasa juga disebut sebagai fungsi dalam java. Perhatikan contoh program berikut.

RodeBlog - Coding Galau
Jadi secara keseluruhan isi dari code program Handphone.java adalah

RodeBlog - Coding Galau


Instansiasi Class :
Instansiasi Class adalah program utama dari Class yang tadi kita buat yang berfungsi untuk menampilkan construktor dan menjalankan fungsi-fungsi yang ada didalamnya. Instansiasi Class harus memiliki point-point penting untuk memanggil isi dari program diatas (Handphone.java), yaitu :
Instansiasi : Yaitu tempat dimana kita membuat objek baru yang memiliki stuktur dan tipe data yang sama dengan objek asalnya. Perhatikan penulisan code programnya. 

RodeBlog - Coding Galau
Memberi Nilai baru pada Properti : Untuk membuat objek baru, kita harus memasukan data yang baru. Jika salah satu komponen tidak diisikan maka pada saat proses penampilan maka program akan menampilkan nilai default pada construktor. Sekarang kita akan memasukan data baru dengan data yang kita ambil dari objek handphone diatas. Perhatikan code programnya. 

RodeBlog - Coding Galau

Memanggil Properti : Menampilkan isi dari properti yang baru kita buat. Perhatikan code program berikut.

RodeBlog - Coding Galau
Memanggil Method : Memanggil Method atau fungsi yang tadi kita buat di Handphone.java

RodeBlog - Coding Galau
Jadi secara keseluruhan isi dari code program DemoHandphone.java adalah

RodeBlog - Coding Galau

NB : 2 Coding diatas adalah satu-kesatuan Suatu Program meskipun dalam penulisan program kita melakukan 2 kali pembuatan code dan Code program yang dicompile dan dijalankan hanya code program DemoHandphone.java .

Unduh Semua Code Program Diatas!!!
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Berbagi Pengalaman
Template Edited by treeckmolarz